page

Teknologi CGI Dalam Pembuatan Animasi


Industri perfilman dunia saat ini, tidak lepas dari penggunaan teknik-teknik animasi di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk menciptakan adegan yang nyata dalam film, baik untuk menggantikan stunt man (orang yang bertugas untuk menggantikan aktor dalam melakukan adegan-adegan berbahaya), maupun untuk menciptakan film yang secara keseluruhan merupakan animasi. Pembuatan animasi tersebut sangat bergantung pada kecanggihan komputer dan jiwa seni yang tinggi para teknisinya.

Salah satu film yang menggunakan teknologi canggih komputer masa kini untuk menciptakan karakter animasi yang luar biasa adalah AVATAR. Film tersebut merupakan salah satu film box office Hollywood yang mengundang decak kagum bagi mereka yang sudah menonton.

Tidak semua tokoh dalam film AVATAR adalah animasi, sebagian tetaplah aktor dan aktris manusia. Mereka digabungkan dengan tokoh-tokoh animasi, sehingga membuat seakan-akan para tokoh animasi tersebut adalah nyata.

Pembuatan tokoh animasi AVATAR menggunakan teknologi CGI (Computer Generated Imagery) dan membutuhkan storage yang besar dan berperforma tinggi dalam proses pengerjaannya. Storage tersebut digunakan untuk memproses render farm yang sangat besar. Selain itu, dibutuhkan 40.000 CPU Core dengan kapasitas RAM hingga 104 terabytes untuk memproses jutaan data yang sangat vital untuk menghasilkan karakter yang sangat nyata.

Untuk menciptakan karakter tokohnya, digunakan teknik Motion Capture atau mocap. Mocap adalah teknik digital gerakan benda nyata, biasanya manusia. Aktor mengenakan kostum hitam dengan titik-titik putih, dijahit pada sambungan-sambungan badan (siku, lutut, bahu, dll). Aktor tersebut bergerak atau berakting di depan satu atau lebih kamera. Film mentransfer dari kamera ke komputer yang memiliki program Motion Capture. Program Motion Capture hanya melihat titik atau bola putih, ia tidak menghiraukan yang lainnya. Program menghubungkan titik dengan garis titik, berlaku sebagai sendi dan garis berlaku sebagai tulang. Kini kita telah mendapatkan manusia lidi yang dapat bergerak sesuai dengan gerakan yang dibuat oleh aktor. Manusia lidi inilah yang menjadi kerangka dalam pembuatan animasi selanjutnya.

Selain gerakan-gerakan yang kompleks untuk animasi, film ini juga memberikan perubahan emosi di wajah tokoh animasi yang sangat persis dengan perubahan aktornya. Tidak seperti metode sebelumnya yang menangkap dot yang ada di muka manusia untuk membuat perubahan emosi yang direkontruksi secara digital, namun kini setiap frame akan dianalisa untuk detail wajah seperti pori-pori dan keriput untuk membantu membuat pergerakan gambar via computer.

AVATAR merupakan film fiksi ilmiah 3D yang menggunakan metode live action dalam pengambilan gambarnya. Film ini menelan biaya 500 US$. Budget yang sangat besar namun menghasilkan sebuah karya yang sangat mengagumkan. Film ini diputar di bioskop-bioskop dalam 2 versi, yaitu versi film biasa dan versi 3D. Untuk menonton dalam versi 3D, digunakan kacamata polarisasi dan hanya diputar di bioskop tertentu yang memiliki fasilitas mendukung.


1 komentar:

ernianti mengatakan...

Lanjutkan tulisannya ya. Mungkin bisa ditambahkan sumber bacaannya. Semangat !

Posting Komentar

Copyright 2009 chibi hime. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy